Anggota Satgas TMMD Ke-120 Kodim 1508/Tobelo Sigap Bantu Warga Terluka Akibat Terkena Parang

 

Halmahera Utara PW Dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 yang dilaksanakan oleh Kodim 1508/Tobelo, anggota Satgas menunjukkan kepedulian dan kesigapan yang patut diacungi jempol. Anggota Satgas tersebut dengan cepat memberikan pertolongan pertama kepada warga yang terluka akibat terkena parang. Insiden ini terjadi di Desa Teru-teru, Kecamatan Loloda Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Kamis (16/05/2024)

Saat itu, seorang warga yang sedang bekerja di kebun, terkena sabitan parang yang dibuat untuk memotong bambu. Dikarenakan kondisi hujan jadi parang tersebut terjatuh dan mengenai tangannya.

Serda Firman dan Prada Ridha, anggota Denkesyah 16.04.01 Ternate yang tergabung dalam Satgas TMMD segera bertindak. Dengan pengetahuan medis yang dimilikinya, mereka melakukan pertolongan pertama untuk menghentikan pendarahan dan membalut luka korban. Tindakan cepat dan tepat yang dilakukannya ini berhasil mencegah kondisi yang lebih buruk sebelum korban di antarkannya ke Puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Komandan Kodim 1508/Tobelo, Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, S. E., menyatakan apresiasi tinggi atas kesigapan dan kepedulian anggota. Kesigapan Serda firman dan prada ridha adalah cerminan dari komitmen kami untuk selalu siap membantu masyarakat dalam kondisi apapun,” ujarnya.

Bapak Melkias Rica selaku korban, juga menyampaikan rasa terima kasihnya. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan oleh Satgas TMMD. Kejadian ini semakin menguatkan hubungan antara TNI dan warga desa kami,” katanya.

Dengan adanya insiden ini, diharapkan para warga semakin berhati-hati dalam bekerja dan tetap memperhatikan keselamatan. Kejadian ini juga menjadi bukti bahwa kehadiran Satgas TMMD tidak hanya bermanfaat dalam pembangunan fisik, tetapi juga dalam aspek kemanusiaan dan kedaruratan.@/chl.

Related posts